Senin, 02 Januari 2012

Telor Asin



Telur asin merupakan sebutan bagi telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. yang biasanya dijadikan sebagai telur asin adalah telur itik yang berwarna biru. pada waktu SD ada tebak-tebakan yang cukup lucu bagi saya "telor-telor apa yang punya tatoo?" waktu jaman SD menjawab pertanyaan seperti itu memikirkan berulang kali, dan akhirnya menyerah juga. Sipemberi pertanyaanpun menjawab "telor yang punya tatoo itu telor asin", serentak semua anak yang mendengar bertanya " kok telor asin si?" penanya pun menjawab " iya coba aja liat telor asin, pasti ada tatoonya."


Jika dilihat memang benar, telur asin memiliki cap dari pemroduksinya yang menyerupai tatoo. pemroduksi telur asin yang terkenal yaitu daerah Brebes. Telur asin dari brebes memang beda dari segi rasa, entah apa yang membuatnya berbeda saya tidak tau pastinya. Tapi ada yang bilang dari jenis makanan yang dimakan oleh itik penghasil telur tersebut.


Cara pembuatan telur asin cukup unik, yaitu dengan cara membungkus telur itik yang sudah sudah di amplas sebelumnya dengan adonan abu gosok dan garam. Kemudian telur tersebut disimpan selama 10 sampai 12 hari sesuai tingkat keasinan yang diinginkan. Semakin lama semakin asin telur yang dihasilkan. Setelah itu rebus telurnya selama 3 sampai 4 jam. Saya cukup tau bagaimana cara pembuatannya karena pernah mencobanya beberapa kali waktu SMP.


Telur asin enak disantap sebagai lauk makan. Nasi lengko dan Nasi jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang sering menyertakan telur asin sebagai salah satu lauknya.

5 Gudang Ilmu: Telor Asin Telur asin merupakan sebutan bagi telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. yang biasanya dijadikan sebagai telur asin adalah telur itik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >