Kamis, 12 Mei 2011

MENGAPA MANUSIA MENCIPTAKAN KEINDAHAN?


Mengapa manusia menciptakan keindahan?
Keindahan
Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keidahan identikdengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaituabadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, seleramode, kedaerahan atau local.

Apakah keindahan Itu ?
Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidakdapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atausuatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itukeindahan berkomunikasi

Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah bendatertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beuty” (keindahan) dan “thebeautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja.Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yaknia. keindahan dalam arti luas. keindahan dalam arti estetis murnic. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatanKeindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pulakebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskankeindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yangindah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsaYunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan
dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahanseni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengansegala sesuatu yang dicerapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkutbenda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.



Mengapa manusia menciptakan keindahan?
Ada 4 hal yang mendasarinya, yaitu :
1.      Tata nilai yang telah using, tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan.
2.      Kemerosotan zaman, kemerosotan moral dapat diketahui daritingkah laku dan perbuatan manusia yang bejat tanpa menghiraukan ketentuan dan hukum agama dan moral masyarakat.
3.      Penderitaan manusia, banyak factor yang membuat manusia menderita, manusialah yang membuat orang menderita karena nafsu ingin berkuasa, tidak hati-hati, keadaan demikian tidak menyenangkan.
4.      Keagungan Tuhan, dapat dibuktikan dengan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keinndahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan.

Pada dasarnya manusia itu punya nilai keindahan dalam dirinya, atau diciptakan juga pasti ada sisi keindahannya, dan manusia pasti suka akan yang indah-indah dalam bntuk apapun. Sehingga kesukaannya pada keindahan itu yang membuat manusia membuat sesuatu yang indah itu, baik dalam dirinya atau sesuatu di sekitarnya.





5 Gudang Ilmu: MENGAPA MANUSIA MENCIPTAKAN KEINDAHAN? Mengapa manusia menciptakan keindahan? Keindahan Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, p...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >