Senin, 28 Januari 2013

Laporan penulisan Ilmiah


                                                 FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA






PENULISAN ILMIAH




PERANCANGAN  WEBSITE PENJUALAN SEPATU
DINGSDONGS SHOES MENGGUNAKAN
PHP DAN MYSQL

Nama               : Muhammad  Aulia Rahman
NPM               : 19110297
Kelas                : 3 KA 07
Jurusan             : Sistem Informasi
Pembimbing    : ….











Diajukan Untuk Melengkapi Syarat
Mencapai Jenjang D III / Setara Sarjana Muda

UNIVERSITAS GUNADARMA
2012



                                                       LEMBAR PENGESAHAN


Judul Penulisan IlmiahPERANCANGAN  WEBSITE PENJUALAN SEPATU DINGSDONGS SHOES MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Nama                            Muhammad Aulia Rahman
NPM                             :  19110297
Tanggal Sidang             :
Tanggal Lulus               :





Menyetujui :


Pembimbing                                                                            Koordinator PI
                                                                       


  (………………………)                                                               (……………………..)






Ketua Jurusan



(…………………)














ABSTRAKSI


Muhammad Aulia Rahman, 19110297
“PERANCANGAN  WEBSITE PENJUALAN SEPATU DINGSDONGS SHOES MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL”
PI, Fakultas Ilmu Komputer, 2012
Kata Kunci : Website, Dingsdongs shoes, PHP dan Mysql.
(ix+76+lampiran)

            Saat ini penggunaan internet bukanlah suatu hal yang asing lagi. Hampir di seluruh dunia mengenalnya, begitu pula di Indonesia. Masyarakat semakin mengerti akan apa yang bisa dilakukan dan didapatkan dengan menggunakan fasilitas internet. Tidak hanya informasi tentang suatu perusahaan, lembaga/organisasi, maupun perseorangan. Tetapi bisa juga digunakan menjual dan membeli suatu barang ataupun jasa dengan menggunakan website yang terkoneksi ke internet. Website sebagai bagian dari teknologi internet berperan penting dalam penyebaran informasi, berbagai kegiatan yang bersifat on-line, serta berbagai aktifitas lain yang membutuhkan kemampuan website. Singkat kata, website adalah jendela dunia yang memberikan kita fasilitas untuk berkomunikasi dengan semua orang diseluruh dunia, dan mennjelaskan kepada mereka tentang  apa yang kita lakukan.
            Dingsdongs shoes adalah sebuah toko sepatu yang terletak di Jl. Raden saleh, Depok. Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk membuat website Dingsdongs shoes yang digunakan untuk mempublikasikan jasa penjualan sepatu yang sebelumnya hanya dapat mencakup lingkungan sekitar toko, dan juga bertujuan untuk memberikan informasi-informasi terlengkap tentang sepatu tersebut sehingga diharapkan konsumen mendapatkan jenis ataupun merek yang mereka inginkan berdasarkan keterangan dalam  website.
            Dalam penulisan ilmiah ini akan dibahas bagaimana membuat suatu website dingsdongs  yang sederhana juga menarik. Pembuatan website dingsdongs shoes ini menggunakan program aplikasi PHP dan Mysql dan program-pprogram pendukung lainnya.


Daftar Pustaka (2005-2012)




KATA PENGANTAR 
            Segala puji syukur panjatkan kehadirat bagi Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis ilmiah yang berjudul “PERANCANGAN  WEBSITE PENJUALAN SEPATU DINGSDONGS SHOES MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL“. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu untuk melengkapi sebagian syarat yang diwajibkan untuk mencapai jenjang S1 Falkutas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.
            Dalam melakukan penyusan penulisan ilmiah ini banyak kendala yang dialami oleh penulis. Namun penulis berusaha untuk menyelesaikan sebaik mungkin dengan bantuan berbagai pihak. Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberi batuan, dukungan dan motivasinya dalam menyelesaikan penulisan ini, terutama kepada:
1.       Ibu Prof. Dr. E. S Margianti, SE, MM, selaku rector Universitas Gunadarma
2.       Bapak Prof. Dr. rer. Nat. A. Benny Mutiara, Ssi. Skom., selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
3.       Bapak Dr. Setia Wirawan, SKom., MMSI., selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi.
4.       Ibu Sri Nawangsari, SE., MM., selaku Koordinator Penulisan Ilmiah.
5.      Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan pengarahan, bimbingan, serta meluangkan waktunya kepada penulis.
6.      Bapak dan Ibu Dosen Universitas Gunadarma yang telah memberikan banyak ilmu dan pengetahuan
7.      Orang Tua yang sangat saya cintai dan sayangi. Terimakasih atas do’a, pengorbanan, semangat, kasih serta dukungan morildan materil kepada penulis.
8.    Seluruh teman-teman 3 KA 07 yang tidak dapat disebutkan satu persatu, atas segala inspirasi dan pendapat yang sangat bermanfaat bagi penulis..

Penulis juga menyadari bahwa dala penyusunan dan pembuatan Penulisan Ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis, walaupun telah banyak yang dilakukan oleh penulis untuk meminimalisasikan kekurangan yang ada. Oleh sebab itu kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Penulisan Ilmiah ini.
Semoga apa yang telah disajikan dalam Penulisan Ilmiah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, teman-teman serta pembaca.


                                                                                                   Depok, januari 2013




                                                                                                Muhammad aulia Rahman

Bab 1.   PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi segala bidang, terutama bidang perdagangan melalui internet atau e-commerce. Menyediakan informasi perdagangan sehingga memudahkan user untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang perdagangan atau jual beli melalui internet. Untuk mendapatkan informasi tantang e-commerce di internet dapat dilakukan dengan mengunjungi situs (website) yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan atau dapat dengan pencarian disitus pencari, seperti yahoo, google, dan sebagainya.
Dingsdongs Shoes yang merupakan salah satu  toko sepatu di daerah Depok yang memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk mendapatkan sepatu-sepatu yang berkualitas baik. Tapi dalam melakukan promosi ini kurang efektif karena jangkauannya terlalu sempit, sehingga konsumen yang datang hanya berasal dari sekitar lokasi  Dingsdong Shoes tersebut saja. Akibatnya toko ini hanya diketahui oleh masyarakat sekitar saja dan sulit untuk masyarakat di daerah lainnya untuk mengetahui tentang Dingsdongs Shoes ini karena masalah jarak dan waktu.
Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh Dingsdongs Shoes dalam melakukan promosi, sehingga penulis berencana untuk mencari solusi yang tepat untuk dapat menangani permasalahan tersebut. Dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satunya adalah dengan menggunakan website atau situs web Dingsdongs Shoes agar masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai Dingsdongs Shoes ini tanpa mempermasalahkan jarak dan waktu.
Berdasarkan latar belakang permasalahan maka penulis membuat Penulisan Ilmiah : PEMBUATAN WEBSITE DINGSDONGS SHOES MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL.


1.2 Identifikasi Masalah

            Dalam  Identifikasi masalah ini terdapat beberapa masalah yang harus diuraikan, diantaranya:
-          Keunggulan menggunakan PHP dan Mysql dalam pembuatan website Dingsdongs Shoes
-          Pengertian E-commerce
-          Keuntungan membuat website Dingsdongs Shoes 








1.3 Rumusan Masalah

      Website Dingsdongs shoes ini dibuat menggunakan aplikasi pemrograman  Macromedia Dreamwaver 8. Elemen – elemen yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah teks, gambar dan animasi. Penulisan ini hanya terbatas pada pembuatan website Dingsdongs  shoes, dimana didalamnya berisi informasi tentang Dingsdongs Shoes, informasi yang berkaitan dengan produk, informasi tentang merk-merk sepatu ternama  dan formulir pendaftaran unuk pelanggan baru.


1.4  Tujuan Penulisan Ilmiah

            Tujuan penulisan ilmiah ini adalah membuat website Dingsdongs  shoes untuk membantu pemasaran dari Toko Dingsdongs Shoes melalui media internet. Selain itu ditujukan untuk masyarakat luas agar mereka mengetahui keberadaan Dingsdongs Shoes, informasi produk yang dijual dan informasi jenis sepatu serta daftar harga sepatu.


1.5 Manfaat Penulisan Ilmiah

            Manfaat penulisan ilmiah ini adalah sebagai suatu sarana mengasah keterampilan dalam pembuatan website menggunakan program PHP dan Mysql. Serta menjadi bahan acuan untuk dapat membuat skripsi.

                                          

Bab 2.   LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS


2.1 Internet
Internet adalah suatau jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer local dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

2.1.1        Berbagai Istilah Internet
-           WWW (World Wide Web)
Lebih dikenal dengan sebutan Web, awalnya merupakan suatu penyajian informasi di internet dengan menggunakan HTML. Web identik dengan internet, karena kepopulerannya saat ini, web sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukuan transaksi dan sajian informasi yang lengkap dari seluruh dunia.
-            URL (Universal Resource Locator)
Menunjukkan sumber daya internet atau alamat homepage yaitu alamat suatu dokumen atau program yang ingin kita tampilkan. Orang sering menyebutnya kotak URL, di kotak inilah user terlebih dahulu harus mengetikkan alamatnya pada kotak URL.
-           Web Browser
Web browser adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari web server dalam bentuk halaman web.
-           Web Server
Web server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
-           Web Site
Dapat diumpamakan sebagai buku yang merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Kumpulan dari hal-hal web yang saling berkaitan di dalam website tersebut.
-           HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Sebuah protocol yang menentukan aturan main antara software web browser dan web server dalam penyediaan dokumen yang diminta oleh browser.
-           Homepage
Merupakan halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web. Homepage adalah halaman pembuka dari sekian banyak web page yang terdapat pada suatu web site. Halaman pertama ini berisi tentang apa dan siapa, dari perusahaan atau organisasi mana pemilik web site tersebut, juga sering memiliki link-link yang membawa kita pada hal lain dari sebuah situs web.



2.2 Pengertian HTML
HTML merupakan bahasa standar yang digunakan untuk dokumen WWW. Bahasa HTML merupakan tag (akhiran) yang menandakan cara browser menampilkan elemen halaman seperti : teks dan gambar dan cara browser menanggapi sesuatu tindakan tertentu dari pemakai seperti Hyperlink dengan hanya meng-klik mouse dan / atau menekan keyboard.
            Dalam dokumen HTML, terdapat 3 buah tag ‘<….>’ utama yaitu tag HTML, HEAD, dan BODY dengan contoh penulisan dasar seperti berikut :
     
     
     
      Welcome to my home

2.3 Pengenalan PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. Dengan menggunakan program PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website / komputer client akan diolah dan disimpan pada database web server dan dapat ditampilkan kembali. Untuk menjalankan kode-kode program PHP, file harus diupload ke dalam server. Upload adalah proses mentransfer data atau file dari komputer client ke web server.

2.3.1 Keunggulan PHP
Beberapa keunggulan program PHP antara lain :
1.                  PHP memiliki tingkat akses yang lebih cepat
2.                  PHP memiliki tingkat lifecycle yang cepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi Internet.
3.                  PHP memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
4.                  PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache, Microsoft IIS, PWS, AOLserver, phttpd, fhttpd, dan Xitami.
5.                  PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform system operasi utama bagi PHP, namun dapat juga berjalan di Unix, Solaris, Windows dan yang lain.
6.                  PHP juga mendukung akses ke beberapa database yang sudah ada, baik yang bersifat free / gratis ataupun komersial. Database ini antara lain MySQL, PosgreSQL, mSQL, Informix, dan Microsoft SQL Server.
7.                  PHP bersifat free atau gratis.

2.3.2 Script PHP
Setiap program PHP disebut dengan script. Script berupa file teks, yang dapat dibuat dengan menggunakan editor file teks biasa seperti notepad, edit, vi (dalam lingkungan Unix/Linux), ataupun lainnya. Setiap baris perintah / statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma (;). Umumnya setiap statement dituliskan dalam satu baris.
Script PHP diawali dan diakhiri dengan menggunakan tag khusus. Ada 4 macam cara yang dapat digunakan untuk menuliskan script PHP di dalam suatu dokumen HTML.
Cara I :
Cara II :
Cara I merupakan cara yang lebih praktis, selalu mengasumsikan bahwa
Cara III :
<% echo “Script PHP”; ?>
Cara IV :
<%=$nama Var;%>
Cara III dan IV menggunakan gaya Active Server Pages (ASP). Cara III dan IV disediakan untuk mengakomodasikan programmer ASP yang terbiasa menggunakan <% dan %> dalam membuat script ASP, hanya sekarang yang dituliskan di dalamnya adalah script PHP bukan script bahasa VBScript. ASP adalah teknik pemrograman web dengan bahasa VBScript, merupakan produk yang dikembangkan oleh Microsoft (IIS). Cara III dan IV dapat dilakukan oleh PHP apabial nilai asp_tags pada php.ini diberi nilai On bukan Off. Pada cara IV tanda sama dengan (=) digunakan untuk menggantikan perintah echo. Operator “=” digunakan jika hanya ingin menampilkan isi dari suatu variable.

2.4 MySQL
MySQL adalah sebuah Relasional Database Management System(RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Karena MySQL berada di bawah GPL, maka orang bebas untuk menggunakannya namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source.
MySQL sebenarnya merupakan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language) yang merupakan sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan / seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah. MySQL sendiri menggunakan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya.
MySQL bersifat bebas pada berbagai platform, kecuali pada Windows yang bersifat software. Pada perkembangannya MySQL banyak digunakan untuk pengelolaan web. Sebagai contoh, MySQL digunakan oleh Yahoo! Dalam pengoperasian databasenya.

2.4.1 Menjalankan Perintah SQL di PHP
Untuk memproses perintah-perintah MySQL dalam PHP, dibutuhkan fungsi-fungsi pendukung yang disediakan oleh PHP. Berikut ini adalah beberapa fungsi pendukung yang digunakan oleh PHP dalam memproses perintah-perintah MySQL dijelaskan oleh table berikut.


Tabel 2.8 Fungsi pada PHP yang mendukung perintah MySQL
Nama Fungsi
Kegunaan
mysql_connect()
Menghubungkan / koneksi ke server database MySQL
mysql_list_dbs()
Menampilkan basis data yang tersedia
mysql_select_db()
Memilih database yang ada di server database MySQL
mysql_query
Mengirim perintah SQL ke server MySQL
mysql_fetch_row()
atau
mysql_fetch_array()
Memanggil record-record yang diambil dari server, menghasilkan set pointer yang dihasilkan oleh suatu query
mysql_num_row()
Mengetahui jumlah record yang dihasilkan oleh suatu query
mysql_close()
Menutup koneksi ke server database MySQL

2.5 E-commerce
2.5.1 Mengenal E-Commerce
Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce. Makhluk apa sesungguhnya e-commerce itu, bagaimana ia dapat mempermudah penggunanya, serta peran pentingnya akan dibahas dalam tulisan ini.

2.5.2 Pengertian E-Commerce
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, "e-commerce is a part of e-business".

2.5.3 Karakteristik E-Commerce.
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
a.       Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.
b.      Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
c.       Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
d.      Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi e-commerce pada dunia industri yang penerapannya semakin lama semakin luas tidak hanya mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global, namun telah membentuk suatu masyarakat tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (Electronic Business Community).Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi, dan berkoordinasi ini secara intens memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya permintaan (demand) dan penawaran (supply). Transaksi yang terjadi antara demand dan supply dapat dengan mudah dilakukan walaupun yang bersangkutan berada dalam sisi geografis yang berbeda karena kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, yang dalam hal ini adalah teknologi e-commerce.
Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu; Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).
Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, sedangkan Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer
Dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalamBusiness to Customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Dalam kajian ini, untuk selanjutnya yang akan dibahas adalah Business to
Customer.



2.5.4 Mekanisme E-Commerce.
Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer(pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen elektronik (digital document).

Kontrak on line dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
a.                   Kontrak melalui chatting dan video conference;
b.                  Kontrak melalui e-mail;
c.                   Kontrak melalui web atau situs.

Chatting dan Video Conference adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan chatting seseorang dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain persis seperti telepon, hanya saja komunikasi lewat chatting ini adalah tulisan atau pernyataan yang terbaca pada komputer masing-masing.
Sesuai dengan namanya, video conference adalah alat untuk berbicara dengan beberapa pihak dengan melihat gambar dan mendengar suara secara langsung pihak yang dihubungi dengan alat ini. Dengan demikian melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.
Kontrak melalui e-mail adalah salah satu kontrak on-line yang sangat populer karena pengguna e-mail saat ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Untuk memperoleh alamat e-mail dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan diri kepada penyedia layanan e-mail gratis atau dengan mendaftarkan diri sebagai subscriber pada server atau ISP tertentu. Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, serta penerimaan dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirimkan melalui e-mail.
Di samping itu kontrak e-mail dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimaannya dilakukan melalui e-mail.
Kontrak melalui web dapat dilakukan dengan cara situs webseorang supplier (baik yang berlokasi di server supplier maupun diletakkan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut.
Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.
Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:
-          untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk men-download-nya;
-          untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai di rumah konsumen;
-          untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.
Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.

2.7 Storyboard
Storyboard atau dapat dikatakan alur cerita merupakan penggambaran atau penjelasan secara terperinci dari setiap elemen-elemen situs dan navigasi. Penggambaran dalam alur cerita kemudian disatukan oleh peta navigasi. Perencanaan tampilan dibuat secara terurut dari awal hingga akhir yang mengatur letak dari objek-objek hingga terbentuk suatu tampilan yang menarik dan tidak membosankan atau bisa dikatakan antara pemakai dan aplikasi yang tersedia.


Bab 3.   PENUTUP

3.1 Kesimpulan Sementara
            Banyak keunggulan menggunakan PHP dan Msql dalam  pembuatan website. PHP memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak perlu khawatir mengenai keamanannya. PHP dapat berjalan disemua system operasi sehingga tidak terpaku dalam suatu system operasi saja.
 E-commerce  memberikan warna tersendiri dalam  bidang  perniagaan,  karena dengan e-commerce kegiatan transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Selain itu e-commerce merupakan bagian  dari e-business sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan perniagaan merupakan bagian dari kegiatan bisnis.

3.2 Saran
            penggunaan PHP dan mySQL memudahkan kita dalam  membuat website berbasis database. Data lebih aman dan tersimpan dengan  rapi.


 Demikian materi yang dapat saya paparkan dalam penulisan ilmiah ini. Tentunya banyak kekurangan serta  kesalahan dalam tulisan ini karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki penulis serta kurangnya referensi serta rujukan yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.



5 Gudang Ilmu: Laporan penulisan Ilmiah                                                  FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS GUNADARMA PENULISAN ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >