Sabtu, 28 April 2012

Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran

Permintaan / demand adalah kegiatan manusia/pembeli yang menunjukkan keinginan untuk membeli sejumlah barang tertentu sesuai dengan tingkat harga di waktu tertentu.

Sedangkan Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang akan dijual pada suatu saat dengan harga tertentu dengan anggapan faktor-faktor yang lain tetap (Ceteris Paribus). Atau penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu. 

hukum permintaan berbunyi: “bila harga naik, jumlah barang yang diminta akan turun. Bila harga turun, jumlah barang yang diminta akan naik”
hukum penawaran berbunyi: “bila harga naik, jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik. Sedangkan bila harga turun, jumlah barang yang di tawarkan juga akan turun”.

Jika dilihat diatas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan permintaan dan kegiatan penawaran merupakan dua kegiatan yang sang bergantung terhapa harga barang itu sendiri. Dan menurut saya, itulah bagaimana produsen menentukan harga untuk barang yang mereka jual sebelumnya. 
Bisa kita ambil contoh seperti harga sepeda motor . Yang saya perhatikan , jika sepeda motor A mengalami penurunan dalam pembelian, maka harga sepeda motor A  tersebut juga turun. Itu adalah contoh yang memperlihatkan bagaimana hukum penawaran terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

   Harga keseimbangan atau harga ekulibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual dimana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.
     Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga. Sehingga terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli. 
5 Gudang Ilmu: Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran Permintaan / demand adalah kegiatan manusia/pembeli yang menunjukkan keinginan untuk membeli sejumlah barang tertentu sesuai dengan tin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >