Rabu, 06 November 2013

Profesi IT (User Interface Designer)

User Interface Designer

Mungkin anda agak jarang mendengar nama profesi seperti ini karena memang istilah ini jarang digunakan. Ada iklan lowongan pekerjaan yang menggunakan istilah “User Interface Designer”, tetapi lebih sering digunakan istilah “Web Designer” untuk posisi tersebut.

Profesi  ini memang agak sedikit berbeda dengan profesi-profesi IT yang lain karena orang-orang sukses di bidang ini umumnya memiliki bakat seni sekaligus kemampuan technical. Seorang user interface designer harus dapat membuat  desain web yang manis, serasi, user friendly tetapi tetap efisien karena Internet memiliki bandwidth yang terbatas. Karena profesional di bidang ini lebih sering dipekerjakan dalam web development, maka profesi ini lebih sering disebut sebagai web designer.

Selain  menguasai programming  terutama  web  programming,  seorang  web  designer  juga harus menguasai tools dalam image design dan animasi seperti produk-produk Adobe/Macromedia,  Corel dll.  Dalam web  development,  user  interface  designer  bekerja bahu-membahu dengan web programmer/developer untuk menghasilkan aplikasi web yang baik dalam hal tampilan dan fungsionalitas. Tampilan yang baik, menarik dan user friendly akan membuat aplikasi web tersebut dinilai lebih bermutu.

Kadang kala user interface designer juga disertakan dalam proyek-proyek non web, misalnya untuk membuat design icon, splash screen, logo dll. Contohnya, saat ini di platform Microsoft.Net dikenal adanya teknologi WPF (Windows Presentation Foundation). Dengan menggunakan  teknologi  ini,  desain  tampilan  aplikasi  desktop  dapat  dipisahkan  dengan coding-nya.  Seorang  user  interface  designer  dapat  bekerja  pada  desain  tampilan menggunakan XAML, sedangkan programmer/developer mengerjakan coding-nya di code- behind menggunakan C# atau VB.Net. Karena itulah profesi ini menurut saya lebih tepat dinamakan user interface designer.


TUGAS:

1.   Mendesain user interface agar menarik dan serasi secara visual dan user friendly
2.   Mendesain image/gambar/animasi yang akan digunakan di tampilan user interface
(UI) software aplikasi


KEAHLIAN YANG DIPERL UKAN:

1.   Memiliki bakat/minat di seni rupa / desain visual
2.   Memahami dasar-dasar pemprograman baik web maupun secara umum
3.   Menguasai  scripting  untuk  user  interface  seperti  seperti  HTML,  DHTML,  CSS, JavaScript, action script, XAML dll.
4.   Menguasai tools manipulasi image dan animasi

LATAR BELAKANG :

Seni Rupa (desain visual), Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika

Bagi  yang  masih  mahasiswa  dan  merasa  menggemari  bidang  computer  hardware  atau networking,  dapat  mengarahkan  diri untuk  menguasai salah  satu  bidang  profesi tersebut

sebelum “terjun bebas” ke dunia kerja. Bagi yang sudah bekerja menjadi seorang professional IT mudah-mudahan dapat terus meningkatkan profesionalitasnya dan semoga bidang yang ditekuni sekarang sesuai dengan hobby dan cita-cita anda.

Memang salary profesional IT di Indonesia masih belum cukup memadai bila dibandingkan di negara maju. Di US misalnya, median salary profesi hardware engineer ternyata lebih tinggi daripada aerospace engineer; sebuah profesi yang melibatkan teknologi tertinggi yang pernah diciptakan manusia. Salary hardware engineer hanya dikalahkan oleh “petrochemical engineer” yang memang pekerjaannya cukup menguras tenaga dan pikiran di daerah-daerah terpencil.

Sumber :  http://fauzin.net/jenis-profesi-jenjang-karir-di-dunia-it/
5 Gudang Ilmu: Profesi IT (User Interface Designer) User Interface Designer Mungkin anda agak jarang mendengar nama profesi seperti ini karena memang istilah ini jarang digunakan. Ada ik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >